- Hakikat Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan
Mengajar
kelompok kecil dan perorangan merupakan bentuk mengajar klasikal biasa yang
memungkinkan guru dalam waktu yang sama menghadapi beberapa kelompok kecil yang
belajar secara kelompok dan beberapa orang siswa yang bekerja atau belajar
secara perorangan. Secara fisik bentuk pengajaran keterampilan ini ialah
berjumlah terbatas, yaitu berkisar antara 3 sampai 8 orang kelompok kecil, dan
seorang seorang untuk perseorangan. Format mengajar ini ditandai oleh adanya
hubungan interpersonal yang lebih akrab dan sehat antara guru dengan siswa,
adanya kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat,
cara, dan kecepatannya, adanya bantuan dari guru, adanya keterlibatan siswa
dalam merancang kegiatan belajarnya, serta adanya kesempatan bagi guru untuk
memainkan berbagai peran dalam kegiatan pembelajaran.
Setiap guru dapat menciptakan format pengorganisasian siswa untuk kegiatan pembelajaran kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan tujuan, topik (materi), kebutuhan siswa, serta waktu dan fasilitas yang tersedia. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan perlu dikuasai guru karena penerapannya dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda.
Setiap guru dapat menciptakan format pengorganisasian siswa untuk kegiatan pembelajaran kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan tujuan, topik (materi), kebutuhan siswa, serta waktu dan fasilitas yang tersedia. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan perlu dikuasai guru karena penerapannya dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda.
- Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan terdiri dari:
1.
keterampilan
mengadakan pendekatan pribadi
2.
keterampilan
mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
3.
keterampilan
membimbing dan memudahkan belajar
4.
keterampilan
merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar