Halaman

Sabtu, 02 Maret 2013

Makna Lambang MEN-MAHANATA


SIMBOL RESIMEN MAHASISWA SURYANATA
KALIMANTAN SELATAN




1)            Warna.
         a)   Merah     =    Keberanian; melambangkan berani membela yang benar
         b)   Hitam     =    Terang, tabah dan langgeng; melambangkan ketenangan dan ketabahan dalam menghadapi kesukaran
         c)   Kuning   =    Luhur, bijaksana; melambangkan melambangkan keluhuran budi dan kebijaksananan
         d)   Putih       =   Suci, jujur; melambangkan kesucian hati dan kejujurandalam tindakan
         e)   Hijau      = Segar, hidup, harapan, cita-cita; melambangkan memiliki jiwa yang segar dan hidup penuh cita-cita

2)            Tulisan MEN-MAHANATA; singkatan dari Resimen Mahasiswa Suryanata. Suryanata adalah nama seorang Pangeran (Raja) dari jamannya kejayaan Negara Dipa, suami dari putri Junjung Buih (Ibu Suri Rakyat Kalimantan Selatan) yang memiliki sifat-sifat arif bijaksana, adil, berbudi luhur, gagah dan perkasa. Diharapkan setiap anggota Menwa dapat mewarisi sifat-sifat tersebut.

3)            Bintang bersudut lima (5) berarti lambang Pancasila; melambangkan setiap anggota Menwa adalah pembela, penegak dan pengawal Pancasila, bercita-cita tinggi, dinamis, optimis, penuh dengan oto-kreatifitas, bersemangat waja sampai kaputing-haram manyarah.

4)            Kuncup melati; melambangkan bahwa mahasiswa sebagai generasi penerus diharapkan kemudian hari akan menjadi manusia-manusia yang berguna dan berjasa bagi negara dan bangsanya.

5)            Mata tombak (merupakan senjata nenek moyang suku-suku bangsa di Kalimanatan khususnya di Kalimantan Selatan); melambangkan bahwa di samping kewajiban menuntut ilmu, maka setiap anggota Menwa menyiapkan dan mengabdikan diri secara aktif ambil bagian dalam pertahanan negara yang bertanggungjawab.
6)            Buku dalam keadaan terbuka; melambangkan bahwa setiap anggota Menwa harus mampu untuk menjadi dinamisator dan stabilisator dalam kehidupan kemahasiswaan terutama dalam menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar